Senin, 03 Agustus 2020 - 08:29:49 WIB

Teknologi Komputer Terbaru Yang Hadir Di Tahun 2020

Tahun 2020 ini agaknya menjadi tahun yang tidak terlalu menggembirakan. Sebab, sejak awal tahun dunia dihebohkan dengan merebaknya virus Corona (SARS-CoV-2) atau dikenal dengan pandemi COVID-19 (Corona Virus Desease-2019). Akibatnya, banyak aspek kehidupan manusia yang terguncang seperti sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, hukum, hingga politik.
Di bidang teknologi, banyak perusahaan manufaktur IT atau pihak-pihak yang berkecimpung di dunia IT harus beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan guna mengurangi potensi penyebaran virus Corona. Distributor dan toko ritel produk-produk teknologi informasi pun melakukan hal yang sama.
Meski demikian, teknologi informasi terbaru direncanakan tetap hadir di tahun ini. Khususnya untuk produk komputer dan gadget. Harapannya setelah pandemi COVID-19 berakhir dan keadaan kembali normal, teknologi tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Teknologi Komputer Terbaru Yang Hadir Di Tahun 2020

Teknologi dalam komputer 

AMD Zen 3

Setelah sukses dengan arsitektur Zen 2, AMD kembali akan merilis penerusnya yaitu arsitektur Zen 3. Arsitektur ini rencananya akan diproduksi oleh perusahaan TSMC dengan fabrikasi MOSFET 7nm+. Zen 3 diharapkan memiliki clock speed tinggi dan mampu mengurangi konsumsi daya hingga 10%.
Arsitektur Zen 3 menggunakan chipset seri 500. Motherboard dengan chipset seri 400 dapat memberikan dukungan pada CPU arsitektur Zen 3 melalui update BIOS terbaru. Zen 3 merupakan arsitektur terakhir yang menggunakan soket AM4 dan RAM DDR4. Setelah arsitektur ini, AMD akan beralih menggunakan soket baru untuk mendukung RAM DDR5.

AMD RDNA 2

Selain Zen 3, AMD juga akan merilis arsitektur untuk perangkat grafis yaitu Radeon DNA 2 disingkat RDNA 2. Pada arsitektur ini diklaim akan ada peningkatan IPC (Instructions per clock) dan clock speed. AMD juga akan menambahkan fitur ray tracing secara real-time.
Selain untuk komputer, arsitektur ini juga akan disertakan dalam konsol game generasi terbaru semisal XBOX seri X dan Playstation 5.

Nvidia Ampere

Tak mau kalah dengan AMD, Nvidia juga akan merilis arsitektur terbaru dengan nama kode Ampere. Arsitektur ini rencananya akan digunakan pada produk GPU kelas professional. Beberapa fitur yang disertakan dalam arsitektur ini diantaranya
  • Fabrikasi 7nm FinFET TSMC
  • Tensor core generasi ke-3
  • HBM 2
  • NVLink 3.0
  • PCI Express 4.0

Intel Soket LGA 1200

Bersamaan dengan arsitektur Comet Lake, Intel juga merilis soket baru yaitu LGA 1200. Soket ini merupakan pengganti soket LGA 1151. LGA 1200 merupakan hasil modifikasi LGA 1151 dengan tambahan beberapa pin guna peningkatan efisiensi daya dan penambahan fitur di masa mendatang.
LGA 1200 hanya kompatibel dengan CPU arsitektur Comet Lake. Soket ini juga hanya mendukung chipset intel seri 400. Yang menarik, soket LGA 1200 memiliki ukuran lubang heatsink yang sama seperti soket sebelumnya (LGA 115x).
Teknologi Komputer Terbaru Yang Hadir di Tahun 2020
Credit: Wikipedia
Arsitektur Comet Lake sendiri digunakan oleh CPU Intel Core generasi ke-10 seperti Core i3/i5/i7/i9-10xxx. CPU Comet Lake mampu memiliki hingga 10 core dan dilengkapi fitur HyperThreading.

PCI Express 6.0

Ubuntu 20.04 & 20.10

Sistem operasi platform Linux paling populer hadir kembali dengan versi terbaru. Kali ini, distro Ubuntu merilis versi terbaru 20.04 dengan nama kode Focal Fossa. Karena rilis di bulan April tahun genap, maka Ubuntu 20.04 mendapatkan prefix LTS (Long Term Support). Artinya, sistem operasi ini akan mendapatkan dukungan selama lima tahun (hingga tahun 2025).
Ubuntu 20.04 menggunakan kernel Linux 5.4 untuk mendukung teknologi hardware terbaru semisal Intel Comet Lake dan Tiger Lake, SoC Qualcomm Snapdragon terbaru, serta AMD Navi.
Untuk dapat menjalankan Ubuntu 20.04, dibutuhkan setidaknya PC dengan spesifikasi berikut
  • CPU dual core berkecepatan 2 GHz
  • RAM 4 GB
  • Penyimpanan 25 GB
  • GPU/Monitor yang mendukung resolusi 1024 x 768
  • Media installer USB/DVD
  • Koneksi internet
Sedangkan Ubuntu 20.10 rencananya akan dirilis bulan Oktober 2020.

Teknologi dalam gadget

Bluetooth 5.2

Sony Playstation 5

Pengembang konsol game terpopuler di dunia, Sony kembali akan merilis konsol generasi terbarunya yakni Playstation 5. Konsol game ini merupakan pengganti dari seri pendahulunya, Playstation 4. Untungnya, game-game Playstation 4 masih dapat dijalankan pada Playstation 5.
Teknologi Komputer Terbaru Yang Hadir di Tahun 2020
Credit: LetsGoDigital
Dari segi hardware, Playstation 5 memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Diantaranya
  • CPU 8 core berkecepatan hingga 3.5 GHz menggunakan arsitektur AMD Zen 2
  • GPU AMD RDNA 2 berkecepatan hingga 2.2 GHz
  • SDRAM GDDR6 16 GB
  • Penyimpanan SSD 825 GB, ditambah slot M.2 NVME dan USB
  • HDMI 2.1 yang mendukung tampilan hingga 8K UHD
  • Kontrol DualSense

Microsoft Xbox Seri X

Untuk "menantang" Playstation 5, Microsoft juga akan merilis konsol game terbarunya yaitu Xbox Seri X. Rencananya, konsol ini akan kompatibel dengan semua game Xbox One. Xbox seri X dibekali komponen yang tak kalah dengan Playstation 5, diantaranya
  • CPU 8 core (SMT) berkecepatan hingga 3.8 GHz dengan arsitektur AMD Zen 2
  • GPU AMD RDNA 2 berkecepatan hingga 1.8 GHz
  • SDRAM GDDR6 16 GB
  • Penyimpanan SSD NVME 1TB ditambah kartu memori eksternal dan USB
  • HDMI 2.1 yang mendukung resolusi tampilan hingga 8K

Apple A12Z

SoC (System on Chip) buatan Apple yang berbasis ARM 64-bit. SoC yang juga dikenal dengan A12Z Bionic ini merupakan penyempurnaan dari pendahulunya, A12X. Sebetulnya, A12Z dan A12X tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
A12Z juga dibekali CPU 8 core. Yang membedakan, A12Z memiliki 8 core GPU dan memori LPDDR4X 6 GB, sedikit lebih tinggi daripada A12X. Selain itu, kinerja A12Z juga lebih dioptimalkan terutama untuk editing dan rendering video.
Produk yang sudah menggunakan SoC ini diantaranya Apple iPad Pro 2020 11" dan 12.9".

Android 11

Google sebagai pengembang platform Android kembali akan merilis seri terbaru dari OS tersebut. Seri terbaru sistem operasi tersebut dikenal dengan Android 11. Beberapa fitur baru yang disertakan dalam Android 11 diantaranya dukungan smartphone foldable, jaringan 5G, dan Project Mainline.
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2020. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, pasti akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih.
Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian tentang teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca informasi tentang teknologi informasi terbaru.
 
 
 

Back